Menyajikan Informasi Tentang Lifestyle, Entertainment, dan Komunitas

Kamis, 20 Agustus 2020

50 Tahun Toyota di Indonesia, Dari Perusahaan Mobil Menjadi Penyedia Mobilitas


Tahun 2021 menjadi istimewa bagi Toyota Indonesia. Tahun ini tepat 50 tahun, Toyota beroperasi di Tanah Air. Selama setengah abad, pabrikan asal Jepang itu memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan dan berpartisipasi aktif dalam membangun industri otomotif nasional. Toyota Indonesia telah berkembang bersama masyarakat Indonesia yang senantiasa menghadirkan pilihan lengkap mulai dari produk terbaik, layanan purna jual yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, hingga berbagai layanan digital.

President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda mengatakan mengusung semangat untuk menghadirkan Mobility Happines for All, Toyota Indonesia berkomitmen untuk memberikan solusi mobilitas terbaik bagi masyarakat Indonesia di masa kini dan di masa depan, sesuai dengan kebutuhan dan trend yang terus berkembang.

“Merupakan sebuah kehormatan bagi Toyota untuk dapat menjadi bagian dari mobilitas masyarakat Indonesia selama 50 tahun. Terima kasih kami ucapkan atas kepercayaan yang telah diberikan sehingga kami dapat bertumbuh kembang bersama seiring berjalanannya waktu. Berkembang dari perusahaan mobil menjadi sebuah perusahaan mobilitas, kami berkomitmen untuk menciptakan Mobility Happiness for All dimana kami tidak hanya menghadirkan ever-better cars, namun juga memberikan layanan Total Mobility Solution yang tentunya sesuai dengan trend dan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang sehingga kami dapat senantiasa menjadi bagian dari solusi mobilitas di Indonesia, dari saat ini hingga nanti,” kata Susumu Matsuda.

Toyota Sunter

Sejarah

Sedikit flashback ke belakang, PT Toyota Astra Motor resmi berdiri pada 2 April 1971. Saat itu TAM bergerak sebagai importer dan distributor kendaraan merek Toyota, sekaligus mengembangkan jaringan penjualan dengan menunjuk 5 main dealer.

Sejak tanggal 15 Juli 2003, TAM direstrukturisasi menjadi 2 perusahaan, yaitu PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia disingkat TMMIN yang merupakan perakit produk Toyota dan eksportir kendaraan dan suku cadang Toyota. Komposisi kepemilikan saham di perusahaan ini adalah Astra International 5 % dan TMC menjadi 95%. Kemudian PT. Toyota-Astra Motor sebagai agen penjualan, importir dan distributor produk Toyota di Indonesia. Komposisi kepemilikan saham di perusahaan ini adalah Astra International 50 % sedangkan TMC 50%.

Didukung dengan 5 pabrik manufaktur mobil dan mesin di Sunter dan Karawang, Jawa Barat. Kini Toyota Indonesia berhasil dipercaya menjadi salah satu basis produksi (hub) di pasar Asia-Pasifik sehingga dapat mengekspor produk buatan dalam negeri ke lebih dari 80 negara di Asia, Afrika, Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah.

“Kami bersyukur dapat menjadi bagian dari perkembangan sosial-ekonomi serta industri otomotif di Indonesia selama 50 tahun. Berkat kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat serta dukungan dari Pemerintah Indonesia, Toyota Indonesia dapat berkembang menjadi salah satu pusat produksi dan ekspor di Asia-Pasifik ke pasar global. Kedepan, kami berkomitmen untuk terus turut serta secara aktif dalam pengembangan industri otomotif Indonesia dan menambah kandungan lokal melalui pendalaman industri hulu, termasuk produk berteknologi tinggi yang berbasis elektrifikasi untuk turut mendukung program pemerintah dalam menurunkan emisi dan sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang terus berkembang,” ujar President Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Warih Andang Tjahjono.

Toyota pabrik

Line-Up Lengkap

Dalam beberapa dekade terakhir, teknologi dalam industri otomotif di Indonesia telah mengalami kemajuan pesat. Hal ini memotivasi sekaligus memberi ruang yang lebih luas kepada Toyota Indonesia untuk menghadirkan deretan produk yang dapat memenuhi beragam kebutuhan mobilitas masyarakat. Lebih dari 20 line up kendaraan yang terdiri beragam jenis mulai dari MPV, SUV, Hathback, Sedan, Commercial, hingga Sport tersedia sebagi kesatuan pilihan produk yang lengkap bagi masyarakat Indonesia.

Toyota kini punya semua line di semua segmen. Total ada 28 model. Di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) ada New Kijang Innova, New Calya, New Avanza, New Sienta, New Veloz, All New Voxy, New Vellfire, New Alpahrd. Kemudian Sport Utility Vehicle (SUV) ada New Fortuner, All New Corolla Cross, All New C-HR, All New Rush, dan Land Cuiser.

Sedan ada New Vios, All New Corolla Altis, All New Camry. Di segmen hatchback terdapat New Agya dan New Yaris. Kemudian Sport menawarkan Toyota GR Supra dan New Toyota 86, serta di segmen Commersial ada New Hilux D Cab, New Hilux S Cab, Al New Hiace, dan Dyna.

Toyota Line-Up

Kendaraan Elektrifikasi

Bahkan, Toyota Indonesia juga telah mengantisipasi lebih awal tantangan masa depan seperti tuntutan pengembangan kendaraan dengan teknologi yang ramah lingkungan. Sejak tahun 2009, Toyota Indonesia telah memperkenalkan Toyota Prius sebagai kendaraan Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang ramah lingkungan berkat teknologi mesin berbasis elektrifikasi sehingga menghasilkan emisi yang lebih rendah dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Hingga kini, Toyota Indonesia telah memasarkan 10 line up kendaraan berteknologi elektrifikasi yang terdiri dari 8 Hybrid Electric Vehicle (HEV), 1 Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan 1 Battery Electric Vehicle (BEV). Line-Up Toyota antara lain diisi All New Corolla Cross Hybrid, All New Corolla Altis Hybrid, All New C-HR Hybrid, All New Camry Hybrid, Prius PHEV.

Kehadiran line up kendaraan berteknologi elektrifikasi tersebut telah menempatkan Toyota Indonesia tidak hanya sebagai perusahaan yang pertama kali mempopulerkan kendaraan ramah lingkungan, namun juga sekaligus sebagai market leader kendaraan elektrifikasi di pasar otomotif nasional. Toyota Indonesia bersama rantai pasok juga telah bersiap untuk memproduksi model HEV yang ditujukan untuk pasar ekspor, selain domestik, pada tahun 2022.

“Kedepannya, kami juga berkomitmen untuk senantiasa menghadirkan beragam layanan solusi mobilitas baru yang untuk mewujudkan Mobility Happiness for All. Tidak hanya dengan terus menghadirkan teknologi elektrfikasi yang lengkap untuk dipilih sesuai kebutuhan pelanggan, mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Battery Electric Vehicle (BEV), tapi juga membangun ecosystem untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat agar dapat merasakan pengalaman bermobilitas dengan kendaraan elektrifikasi,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

Toyota 50th Anniversary Logo

Logo HUT ke-50

Semangat menghadapi tantangan mobilitas di masa depan tercermin pada desain logo ulang tahun ke 50 Toyota Indonesia. Menggunakan angka 50 sebagai lambang dominan, logo ini dibagi dalam 4 bagian.

Pertama, pada bagian bawah terdapat lambang nilai dasar Toyota Indonesia yaitu customer first yang selalu siap memberikan layanan mobilitas secara menyeluruh dan mengedepankan ekspektasi pelanggan. Toyota memberikan layanan purna jual terbaik dengan 333 outlet yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kemudian layanan berbasis digital yang menyediakan informasi lengkap mengenai produk dan layanan purna jual Toyota seperti Toyota Chatbot, mTOYOTA, Toyota Virtual Expo, dan Halobeng. Termasuk juga layanan mobilitas berbasis usership melalui KINTO. Semangat ini dilambangkan oleh desain tangan terbuka dengan warna merah.

Selanjutnya di tengah, terdapat dua bagian yang melambangkan semangat yang menjadi dasar pengembangan produk dan layanan Toyota. Beyond Technology yang berada di bagian kiri didominasi warna biru sebagai lambang komitmen Toyota Indonesia untuk selalu mengedepankan teknologi canggih dan ramah lingkungan seperti mobil berteknologi elektrifikasi.

Sementara pada bagian kanan berupa siluet bendara merah putih beserta wajah seseorang yang mencerminkan pentingnya peran masyarakat Indonesia sebagai rekan terbaik bagi Toyota Indonesia untuk terus bertumbuh kembang bersama dalam menghadirkan kualitas solusi mobilitas yang lebih baik.

Lalu pada bagian atas, terdapat siluet mobil Toyota dengan dominasi warna biru yang melambangkan semangat Toyota Indonesia dalam mengembangkan dan menghadirkan Beyond Product sebagai bagian solusi mobilitas masa depan.

“Melalui logo ini kami ingin menyampaikan semangat kami dalam menyediakan solusi mobilitas dan mengembangkan industri otomotif tanah air bersama seluruh masyarakat Indonesia dan pemerintah,” ujar Vice President Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Edward Otto Kanter. (Raju)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar