Menyajikan Informasi Tentang Lifestyle, Entertainment, dan Komunitas

Selasa, 04 Agustus 2020

Toyota Avanza Baru 2021, Toyota Astra Motor Menjawab

 

Kemeriahan Festival Avanza-Veloz di Bandung, 16-17 November 2019. (TAM)

Kemeriahan Festival Avanza-Veloz di Bandung, 16-17 November 2019. (TAM)

TEMPO.CO, Jakarta - Pada akhir 2020 tersiar kabar bahwa PT Toyota Astra Motor (TAM) bakal meluncurkan All New Toyota Avanza model baru.

Sinyalemen itu dipicu kemunculan foto-foto kembaran Avanza, yakni Daihatsu Xenia terbaru dengan penggerak roda depan. 

Rumor Toyota Avanza model baru ini sebenarnya sudah muncul sejak beberapa tahun lalu. Tepatnya sejak kemunculan mobil konsep Daihatsu DN Multisix di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

Ini adalah konsep mobil penumpang 7 kursi dengan desain revolusioner, dibanding dengan Avanza-Xenia yang saat ini dipasarkan. Hanya saja, hingga tahun lalu Avanza-Xenia baru menjalani minor change atau facelift.

Selain itu, di beberapa kali pertemuan virtual Anton menyampaikan bahwa perusahaan tetap berkomitmen untuk meluncurkan produk baru di tahun 2021. Sekadar catatan, sepanjang tahun lalu TAM meluncurkan sebanyak 13 model baru.

"Tahun 2021 kami akan meluncurkan lebih banyak model baru lagi," kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy dalam berbagai kesempatan.

Belakangan, Anton Jimmi Suwandy irit berkomentar soal ini. Tapi dia tidak membantah akan ada Toyota Avanza model baru, walau juga tidak telak-telak membenarkannya.

“Untuk new model saya belum bisa komen, ya,” ujar kepada Tempo hari ini, Senin, 11 Januari 2021.

Si kembar Toyota Avanza - Xenia generasi pertama dikenalkan pada Desember 2003. Penjualannya dimulai Januari 2004.

Tujuh tahun kemudian, tepatnya November 2011, generasi kedua Toyota Avanza - Xenia dipasarkan dengan ubahan signifikan. Generasi kedua inilah yang bertahan hingga saat ini. 

Lima belas tahun menjadi mobil terlaris dari semua segmen, pada 2020 Toyota Avanza "digilas" oleh Honda Brio.  

Atas pertimbangan tadi besar kemungkinan Toyota dan Daihatsu akan meremajakan Toyota Avanza - Xenia dengan desain baru alias all new model. Modelnya kemungkinan didasarkan pada konsep DN Multisix yang juga dikenalkan di pameran otomotif Tokyo Motor Show di Jepang pada Oktober 2017. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar