Menyajikan Informasi Tentang Lifestyle, Entertainment, dan Komunitas

Minggu, 06 Desember 2020

Toyota Recall Beberapa Model karena Fuel Pump, Ini Dampaknya Jika Diabaikan

 

Jelajah Daendels Selatan dengan Toyota FortunerTRD Sportivo.

Jelajah Daendels Selatan dengan Toyota FortunerTRD Sportivo.

TEMPO.COJakarta - PT Toyota Astra Motor melakukan recall atau menarik kembali beberapa produknya karena masalah fuel pump atau pompa bensin. Di antaranya adalah Toyota Alphard produksi 2017-2018, Toyota Corolla produksi 2018, Toyota FJ Cruiser produksi 2013-2014, serta Toyota Kijang Innova, Toyota Fortuner, dan Toyota Hilux produksi 2017-2019.

Pompa bensin, seperti namanya, berfungsi untuk memompa bensin dari tangki ke injektor, kemudian disemprotkan ke ruang bakar. Jika kompoen ini bermasalah, dampaknya bisa hingga menyebabkan suplay bahan bakar dari tangki ke injektor terhenti. Mesin mobil tidak dapat dihidupkan alias mogok. 

"Kebijakan recall ini wujud komitmen Toyota untuk mengedepankan kenyamanan dan keselamatan bagi pelanggan, Toyota terus memperhatikan produk-produk yang bahkan sudah berada di pelanggan sekalipun," kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto beberapa hari lalu.

Henry menjelaskan bahwa demi menghindari potensi yang dapat mengurangi kenyamanan dan keselamatan berkendara, maka Toyota menghimbau para pemilik kendaraan yang disebut di atas untuk agar dapat segera mengecek melalui channel komunikasi digital Toyota atau mengecek kendaraannya di bengkel resmi Toyota.

"Kami imbau untuk mengganti fuel pump kendaraannya," ujarnya.

Proses pengecekan dan penggantian Fuel Pump disebut tak memakan waktu lama, hanya berlangsung sekitar 2 jam hingga maksimal 4 jam. Biaya pergantian atau servis ini juga digratiskan.

Toyota Astra Motor juga mengklaim telah mengirimkan pemberitahuan melalui surat resmi kepada konsumen. Seluruh jaringan dealer Toyota juga dilibatkan untuk memastikan pelanggan bisa segera melakukan penggantian pompa bahan bakar tersebut.

Toyota Astra Motor juga merekomendasikan para pemilik kendaraan Toyota yang termasuk dalam program ini untuk segera mengecek kendaraannya. Pelanggan bisa menghubungi jaringan outlet resmi Toyota terdekat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, serta dapat menghubungi Toyota Customer Care (24 jam) di nomor telpon 1-500-315.

Selain itu, pelanggan dapat juga mengunjungi website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc, dengan memasukkan nomor rangka dan selanjutnya akan muncul informasi apakah kendaraannya masuk dalam program penggantian fuel pump ini.

Proses penggantiaan dapat dilakukan di dealer yang masih beroperasi. Namun untuk turut serta mengurangi potensi penularan Covid-19, penggantian ini juga dapat dilakukan setelah masa darurat selesai.

Untuk proses penggantian, pelanggan disarankan melakukan booking service terlebih dulu, agar dealer bisa mempersiapkan stall, teknisi, dan part yang akan diganti. Recall terkait fuel pump juga dilakukan Mitsubishi dan Honda baru-baru ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar